Senin, 23 September 2024

DISEMINASI INFORMASI MELALUI PERTUNJUKAN RAKYAT (PERTUNRA)

DISEMINASI INFORMASI MELALUI PERTUNJUKAN RAKYAT (PERTUNRA)

Karangsari (3 Desember 2021), Kegiatan yang disiarkan langsung melalui Televisi milik pemerintah Kabupaten Kebumen yaitu Ratih TV Kebumen, dalam rangka acara Desiminasi Melalui Pertunjukan Rakyat (Pertunra). Kegiatan ini bertemakan "Identifikasi Rokok Ilegal" yang dipaparkan langsung oleh Narasumber dari Bea dan Cukai Kabupaten Kebumen. Dalam isian acara yang digelar di Gor Desa Karangsari Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen,  menjelaskan kepada masyarakat tentang pentingnya mengetahui mana rokok legal dan rokok ilegal.

Disebutkan dalam paparannya bahwa, kemasan dalam bungkus rokok yang sudah resmi ada Bea dan Cukai akan ada label dikemasan/bungkus rokok (biasanya berwarna ungu). Setiap rokok terdapat bea dan cukai yang berbeda-beda. Melalui paparannya dengan berbincang langsung dengan Ki Dalang Lentho Atmowikarto dari Sanggar Seni Cipto Roso Desa Karangsari, melalui media wayang goleknya menjadi salah bentuk satu komunikasi nyentrik dan unik agar lebih menarik dilihat oleh masyarakat. 
Kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kebumen dan Juga didukung oleh Pemerintah Desa Karangsari Kecamatan Sruweng.

Pagelaran Wayang Golek Kolaborasi dengan Judul " Jayengrana Winisuda" yang ditampilkan oleh Sanggar Seni Cipto Roso Desa Karangsari Kec. Sruweng Kab. Kebumen yang dipimpin oleh Bapak B.E Susilohadi,S.Pd. 

Semoga melalui pertunjukan rakyat ini dapat menjadi salah satu bentuk promosi pendidikan tentang Identifikasi Rokok Ilegal secara positif dengan dikemas melalui kesenian budaya tradisi Pertunjukan Rakyat.
 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter