Minggu, 22 September 2024

MEMBATIK ECOPRINT DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN ALAMI DARI LINGKUNGAN SEKITAR

MEMBATIK ECOPRINT DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN ALAMI DARI LINGKUNGAN SEKITAR

Karangsari (09/07/2024), Hari ini dilaksanakan kegiatan Pelatihan Ekonomi Kreatif dengan tema Membatik Ecoprint. Sesuai dengan namanya, Ecoprint berasal dari kata eco atau ecosystem yang berarti lingkungan biologis atau alam, dan print adalah percetakan.

Batik Ecoprint merupakan salah satu jenis batik yang proses produksinya menggunakan pewarna alami yang berasal dari tanin atau warna daun, akar atau batang yang diaplikasikan pada kain. Penjelasan secara singkatnya batik Ecoprint adalah batik yang dimana cara pembuatannya membatik dengan menjiplak daun. Menjiplak dan memasak atau memukul daunnya menggnakan alat yang tersedia seperti palu bebrbahan kayu, mirip dengan proses pembuatan batik sehingga sering disebut dengan batik Ecoprint.

Proses pembuatan batik ecoprint dimulai dengan persiapan kain putih atau yang diinginkan. Daun-daunan, bunga, atau tanaman lainnya ditempatkan dengan cermat di atas kain yang telah dipersiapkan sesuai dengan kreatifitas masing-masing orang. Setelah itu, kain dilapisi dengan plastik bening diatas daun yang sudah ditempatkan diatas kain sehingga tanaman yang ditempatkan di atasnya dapat meninggalkan jejak atau cetakan.

Ciri khas dari batik ecoprint adalah bahan-bahan yang digunakan semua berasal dari alam, sehihngga mudah didapatkan dilingkungan sekitar rumah. Seni batik ecoprint menjadi salah satu seni membatik yang mudah dipraktekan ke setiap orang. 

Peserta yang hadir adalah pemuda pemudi Karang Taruna Tunas Mulya yang menjadi objek Pelatihan Ekonomi Kreatif Seni membatik. Harapan dari kegiatan ini adalah mendapatkan output peningkatan softskil bagi pemuda pemudi Karang Taruna Tunas Mulya dalam menghadapi tantangan kedepan daya saing softskil yang dibutuhkan.

Kegiatan ini diinisiator oleh PPK ORMAWA LESBUDINUSA dari Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen yang sebelumnya juga menyelenggarakan kegiatan pelatihan Public Speaking. Runtutuan kegiatan ini menjadi rundown kegiatan para Mahasiswa dari UMNU Kebumen dalam kegiatan pengabdian di Desa Karangsari Kecamatan Sruweng.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter