Minggu, 22 September 2024

SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENGKAJIAN KEBUTUHAN PASCABENCANA (JITUPASNA) TAHUN 2024

SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENGKAJIAN KEBUTUHAN PASCABENCANA (JITUPASNA) TAHUN 2024

man Bpbd

Teman

Kebumen (9/9/2024) , Kegiatan Sosialisasi dan Laporan Akhir Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana (R3P) Tahun 2024, bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Mexoli Kebumen. Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen.

Ada 21 Desa yang mengikuti kegiatan ini, salah satunya adalah desa karangsari kecamatan sruweng. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan R3P adalah dokumen perencanaan perhitungan pascabencana dan bersifat periodik selama 3 tahunan.  Pelatihan ini adalah tindak lanjut dati Tim Jitupasna yang diselenggarakan di purwokerto. 21 desa yang mengikuti pelatihan ini adalah desa yang memiliki resiko rawan bencana yang hampir setiap tahun terjadi.

Di karangsari setiap musim penghujan diwaktu akhir tahun sering terjadi banjir diarea dusun 2 (dua) hal tersebut dikarenakan intensitas hujan lebat dan debit air yang masuk di sungai alam meluap karena terjadinya pendangkalan tanah dan tumpukan sampah yang masuk di aliran sungai dari hulu, sampah yang dimaksud adalah sampah hasil dari faktor alam seperti reruntuhan pohon bambu yang ada disepanjang aliran sungai alam akibat dampak angin lebat sehingga tumbang dan jatuh di sungai sehingga mengakibatkan penyumbatan.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari kedepan dimulai pada hari ini tanggal 9 september s. D 10 september 2024. Sosialisasi ini juga bertujuan untuk menghadapi beberapa resiko terjadinya bencana di tahun 2024 dan memasuki musim penghujan dengan instensitas tinggi. Sosialisasi dibuka oleh Kepala BPBD Kabupaten Kebumen.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter