Minggu, 22 September 2024

PELATIHAN PUBLIC SPEAKING OLEH PPK ORMAWA UMNU KEBUMEN

PELATIHAN PUBLIC SPEAKING OLEH PPK ORMAWA UMNU KEBUMEN

Karangsari (02/07/2024) Kegiatan Pelatihan Public Speaking yang digelar oleh Mahasiswa PPK ORMAWA dari Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen hari ini dilaksanakan bertempat di Gor Bei Wangsa Desa Karangsari. kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia kepada pemuda/pemudi anggota Karang Taruna Tunas Mulya Desa Karangsari. Pelatihan Public Speaking ini menjadi salah satu program kerja Mahasiswa PPK ORMAWA yang pada waktu ini melaksanakan kegiatannya di Desa Karangsari.

Public Speakeng (berbicara dikhalayak umum) adalah satu keahlian yang wajib dimiliki oleh setiap orang, hal ini agar dapat mendukung proses bersosialisasi seseorang dalam beradaptasi maupun menghadapi tantangan kedepan bahwa setiap orang bisa mengemukakan pendapat maupun berani berbicara di publik dengan dasar pengetahuan yang dimiliki.

Kegiatan Pelatihan Public Speaking yang dilaksanakan oleh  PPK ORMAWA dari Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen hari ini disambut positif oleh Pemerintah Desa Karangsari, kegiatan ini dapat menunjang ilmu dan pengetahuan pemuda/pemudi Karang Taruna Tunas Mulya dalam meningkatkan keahlian/ softskill setiap orang.

Tujuan dari pelatihan Public Speaking adalah belajar mengasah kemampuan berbicara didepan khalayak umum, dengan tujuan menyampaikan pesan secara efektif, belajar mengemukakan pendapat pribadi maupun organisasi didalam forum formal/non formal. 

Sekilas telah membahas bahwa public speaking adalah kemampuan untuk membuat seseorang tampil percaya diri saat berbicara di depan banyak orang. Secara keseluruhan, sangat penting bagi seseorang untuk menguasai keterampilan ini demi prospek karir yang cerah di masa depan. Menguasai public speaking setidaknya akan membawa berbagai manfaat diantaranya:

• Meningkatkan kepercayaan diri

• Menumbuhkan leadership/ kepemimpinan

• Menyampaikan ide atau pendapat dengan lancar dan efektif

• Meningkatkan jenjang karier

• Meningkatkan skill berpikir kritis

• Menjadi lebih persuasif

Disamping Narasumber yaitu Ibu Aulia Rahmawati yang juga dosen di UMNU Kebumen, memberikan materi secara teori, para peserta yang hadir juga diberikan waktu untuk mempraktekan materi/ ilmu yang sudah diberikan untuk dapat praktek di depan umum dengan dibagi perkelompok. Para peserta yang hadir sebagian besar adalah anggota karang taruna yang ada di Desa Karangsari, didominasi oleh remaja-remaja usia 15 (lima belas) sampai 20 tahun.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter