Senin, 23 September 2024

MUSYAWARAH DESA PENETAPAN APBDES PERUBAHAN TAHUN ANGGARAN 2022

MUSYAWARAH DESA PENETAPAN APBDES PERUBAHAN TAHUN ANGGARAN 2022

Karangsari, (29 September 2022), Musyawarah Desa Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2022, Desa Karangsari Kecamatan Sruweng dihadiri oleh Badan Permusyaratan Desa, Pemerintah Desa, Lembaga Desa, dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama. BPD selaku pemimpin Musyawarah Desa menyampaikan sambutan kepada peserta musyawarah terkait beberapa perubahan anggaran yang dilakukan karena turunnya peraturan-peraturan yang harus dapat disesuaikan. 

Alokasi kegiatan PPKM seniali 8% dari total pagu Dana Desa tahun 2022 dialokasikan untuk kegiatan belanja benih padi yang diperuntukan untuk kelompok Tani di Desa Karangsari. Mekanisme pendistribusiannya adalah, Kelompok Tani mengelola dan menggarap bantuan benih padi untuk dikelola di tingkat kelompok masing - masing dengan pengelolaan yang diatur disetiap masing-masing kelompok tani. Harapannya sebagian dari hasil panen padi nantinya akan dikelola dilumbung padi disetiap masing-masing kelompok tani, dan diolah sebagaimana kesepakatan bersama dimasing-masing kelompok tani. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan tentang ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi didesa tentang peruntukan sisa dana 8% dana desa. 

Harapan Pemerintah Desa adalah pengelolaan hasil panen dapat dikelola dengan baik diranah kelompok tani, dan nantinya bisa dikembangkan sebagai dan dimanfaatkan untuk kegiatan operasional kelompok. Lumbung Desa merupakan tempat bagi masyarakat desa untuk menyimpan hasil panen atau pangan mereka yaitu padi (gabah). Sehingga disebut juga Lumbung Padi atau Lumbung Pangan. Secara umum, fungsinya yaitu sebagai gudang pangan atau ketersediaan bahan makanan bagi masyarakat desa pada masa paceklik (kekurangan bahan makanan).

Semoga semakin banyak lumbung pangan lain yang lestari di Indonesia, guna tersedianya pasokan pangan yang melimpah untuk masa mendatang tanpa harus impor dari negara lain.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter