Senin, 23 September 2024

PETANI PADI DESA KARANGSARI, MULAI TANAM BENIH PADI PADA MUSIM INI.

PETANI PADI DESA KARANGSARI, MULAI TANAM BENIH PADI PADA MUSIM INI.

Karangsari - Sejumlah petani padi di Desa Karangsari Kecamatan Sruweng pagi ini terlihat melakukan penanaman padi di areal persawahan di Desa Karangsari, musim tanam kali ini memasuki musim tanam ke 1 di tahun 2022-2023 akhir tahun. 

Untuk desa Karangsari mulai tanam benih padi dilaksanakan pada tanggal 25 November 2022, dan dipekirakan akhir masa tanam pada tanggal 10 Desember 2022. Namun hal itu  tidak terlepas dari jumlah pasokan air yang akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan persawahan pada saat proses tanam benih padi.

Dalam pelaksanaan penanaman benih padi, petani mengeluhkan beberapa hal diantaranya adalah, terkait kebutuhan air yang dibutuhkan para petani di desa Karangsari, karena air menjadi salah satu kebutuhan utama dalam penanaman benih padi.

Hal ini dikarenakan saluran induk tersier Sempor yang menjadi salah satu sumber pengairan saat ini belum bisa teraliri air dari Waduk Sempor dikarenakan sedang dalam masa pembangunan/rehabilaitasi saluran, sehingga menghambat aliran air yang akan digunakan untuk petani menanam benih padi pada musim tanam tahun ini.

Mengantisipasi hal tersebut para petani melakukan kegiatan secara swadaya yaitu melakukan penyedotan air dari aliran sungai alam untuk mengaliri persawahan yang akan dilakukan penanaman bibit benih padi.

Menyadari akan hal tersebut, pihak pelaksanan kegiatan pembangunan saluran induk tersier sempor juga ikut membantu para petani dengan cara melakukan penyedotan air yang tertampung disaluran irigasi sempor karena pada bulan ini memasuki musim penghujan, sehingga dapat meperingan kebutuhan air yang dibutuhkan para petani, meskipun belum mampu untuk sepenuhnya mencukupi kebutuhan air para petani, namun petani cukup bersyukur karena pada musim tanam kali ini masih bisa melaksanakan tanam padi.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter