Senin, 23 September 2024

PELANTIKAN CALON ANGGOTA PANTARLIH DESA KARANGSARI

PELANTIKAN CALON ANGGOTA PANTARLIH DESA KARANGSARI

Karangsari (12/02/2023), Pelantikan Calon Anggota Pantarlih untuk Pemilihan Umum Tahun 2024 yang tepatnya pada tanggal 14 Februari 2024, hari ini dilaksanakan Pelantikan Calon Anggota Pantarlih Desa Karangsari oleh Panitia Pemungutan Suara Desa Karangsari Kecamatan Sruweng.

Kegiatan Pelantikan ini dilaksanakan Serentak di Kabupaten Kebumen pada tanggal 12 Februari 2023. Jumlah Pantarlih Desa yang ada di Desa Karangsari Kecamatan Sruweng berjumlah 4 (empat) orang yang terbagi dimasing-masing TPS di Desa Karangsari Kecamatan Sruweng untuk Pemilihan Umum Tahun 2024. Pelantikan itu sendiri dipimpin langsung oleh Ketua PPS Desa Karangsari.

Pelantikan Calon anggota pantarlih dihadiri oleh Kepala Desa Karangsari, Pengawas Pemilu Desa, Seluruh Anggota PPS, Seluruh Anggota Sekretariat PPS dan Rohaniawan. Acara pelantikan berlangsung Khidmat dan berjalan sesuai harapan tanpa ada kendala atau permasalahan yang terjadi. Setelah acara pelantikan selesai dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Ketua PPS Desa Karangsari, Kepala Desa Karangsari dan Pengawas Pemilu Desa Karangsari.

Desa Karangsari Kecamatan Sruweng setelah dilakukan pemtaan untuk jumlah TPS terbagi menjadi 4 (empat) TPS di setiap wilayah di Desa Karangsari. Secara jumlahh disetiap TPS dibatasi dengan jumlah Maksimal 300 pemilih. Wilayah desa karangsari melalui DP4 yang dikirim oleh PPK Kecamtan Sruweng berjumlah 715 calon pemilih yang akan dilakukan Coklit oleh petugas Pantarlih.

Setelah acara pelantikan selesai, dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis Kepada Anggota Pantarlih Desa Karangsari yang diselenggarakan oleh PPS Desa Karangsari guna pembekalan apa saja yang harus dilakukan dan hal-hal apa saja yang perlu  diperhatikan pada saat melaksanakan pencoklitan.

Pencoklitan pada Pemilihan Umum tahun 2024 berbeda dengan Pemilu pada tahun 2019, dimana pada saat Pemilu 2019 Pencoklitan masih menggunakan sistem manual, pada Pemilu 2024 cara pencoklitan ditambahkan dengan melakukan coklit elektronik atau E-Coklit dengan menggunakan HP Android  dengan spesifikasi miinimal  Android 6.

Dengan demikian dibutuhkan kesiapan baik secara materi dan pembekalan ilmu yang cukup agar tidak terjadi permasalahan pada saat turun ke lapangan.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter