Minggu, 22 September 2024

PELATIHAN PEMBUATAN RUMAH BURUNG HANTU (RUBUHA) OEH BPP KEC. SRUWENG KEPADA KELOMPOK PETANI DESA KARANGSARI

PELATIHAN PEMBUATAN RUMAH BURUNG HANTU (RUBUHA) OEH BPP KEC. SRUWENG KEPADA KELOMPOK PETANI DESA KARANGSARI

Karangsari (24 Juli 2023) Kelompok petani desa karangsari menggelar rapat ke-4 program CSA.25/7/2023. Rapat yang digelar pada saung petesari siang ini dihadiri oleh dua kelompok petani yaitu kelompok petani petesari dan tumpangsari. 

Sebelum rapat, melakukan kegiatan ubinan,yaitu pengecekan dan pengambilan sampel padi yang dengan melakukan pengukuran dan penimbangan oleh petugas BPP (Balai Penyuluhan pertanian) hingga diketahui hasil berapa ton padinya dari ubinan. Ubinan merupakan cara mengetahui hasil produksi tanaman saat tanaman masih ada di lahan. 

Selanjutnya, melakukan kumpul rapat bersama kelompok petani petesari dan tumpangasari dipimpin oleh  R Heri Setiawan selaku kepala dusun desa karangsari, Masalah yang biasa dikeluhkan oleh para petani yaitu terkait hama sawah yang berupa tikus. Dalam hal ini materi pertanian dipaparkan oleh 4 pegawai BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) berupa materi dan praktik pembuatan Rumah burung hantu (Rubuha). Dimana Rubuha ini sengaja dibuat untuk rumah burung hantu tito alba sebagai pengendalian hama sawah berupa tikus. Masyarakat kelompok tani diajarkan secara langsung pembuatan rubuha dengan ketentuan terbuat dari kayu dengan pintu rumahnya tidak boleh menghadap sinar,diberikan teras, standar lebar dan panjang 60 cm, dan tinggi tiang 3 meter. Kegiatan ini berjalan dengan lancar sehingga  harapan kedepan dapat menerapkan pembuatan rubuha dan mengaplikasikannya pada sawah-sawah desa karangsari. 


Adanya pembuatan rumah burung (Rubuha) ini diharapkan nantinya para kelompok petani dapat membuat rubuha sendiri dan menerapkannya sehingga tidak ada lagi hama sawah berupa tikus yang merusak padi masyarakat desa karangsari.Hal tersebut di paparkan oleh Ibu Umi Nur hasanah selaku pegawai BPP.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter