Minggu, 22 September 2024

SOSIALISASI PELESTARIAN SENI BUDAYA MODERASI NUSANTARA) MENJAGA EKSISTENSI WARISAN BUDAYA BERBASIS “ANJANGSANA CULTURE” DI DESA KARANGSARI

SOSIALISASI PELESTARIAN SENI BUDAYA MODERASI NUSANTARA) MENJAGA EKSISTENSI WARISAN BUDAYA BERBASIS “ANJANGSANA CULTURE” DI DESA KARANGSARI

Karangsari (11/6/2024), Sosialisasi Pelestarian Seni Budaya Moderasi Nusantara dalam Menjaga Eksistensi Warisan Budaya Berbasis "Anjangsana Culture" di Desa Karangsari Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Ma'Arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kabupaten Kebumen selama 5 (lima) bulan terhitung sejak bulan Juni sampai bulan Oktober 2024.

Pada kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh Pemerintah Desa Karangsari, BPD Desa Karangsari, Ketua RT/RW, Karang Taruna, PKK, Tokoh Budaya, Dosen Pembimbing UMNU Kebumen, dan Mahasiswa/Mahasiswi UMNU Kebumen. Fokus pada kegiatan ini adalah observasi/penelitian tentang Seni Budaya yang ada di Kabupaten Kebumen yang diantaranya adalah keseian Jam Janeng dan Tari Cepetan yang sudah mendapatkan hak budaya asli dari Kabupaten Kebumen. Tokoh Budayawan Kabupaten Kebumen Bapak B.E Susilohadi,S.Pd menjadi narasumber pada kegiatan ini dan yang akan membantu para mahasiswa/mahasiswi dalam melaksanakan kegiatan obeservasi/penelitian tentang Seni Budaya yang ada di Desa Karangsari.

Tujuan kegiatan ini adalah Memberikan ruang dan waktu kepada para pelaku seni budaya untuk melakukan regenerasi sehingga dapat menjaga eksistensi warisan budaya melalui programprogram terarah dan terdokumentasi dengan baik. Program Kerja PPK Ormawa antara lain Sosialisasi (Penyampaian Proker PPK ORMAWA) dan Kunjungan Budaya (Anjangsana Culture, ada juga kegiatan dalam peningkata softskill diantaranya adalah Pelatihan Public Speaking, Pelatihan Ekonomi Kreatif, dan Pelatihan Digital Marketing.

Intervensi & Inovasi Kunjungan budaya (anjangsana culture) dengan cara wawancara mendalam kepada para tokoh budayawan untuk menggali sejarah,profil, makna filosofis serta perkembangan setiap budaya yangada di Desa Karagsari. Pendokumentasian budaya dalam bentuk buku dokumenter dan bentuk digital. Pembuatan sarana publikasi dan media sosial seperti; Instagram, TikTok dan YouTube. Program kreatif dan inovatif untuk menarik antusias para kaum muda,seperti; public speaking, ekonomi kreatif, digital marketing.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter