Minggu, 22 September 2024

PAGELARAN SENI TRADISIONAL WAYANG KULIT DALAM RANGKA HUT HSS (HIMPOENAN SATOE SODARA) KE 73 TAHUN

PAGELARAN SENI TRADISIONAL WAYANG KULIT DALAM RANGKA HUT HSS (HIMPOENAN SATOE SODARA) KE 73 TAHUN

Karangsari (17/06/2024), Himpoenan Satoe Sodara (HSS) selaku salah satu paguyuban keluarga besar Wongsodirjan dalam rangka hari ulang tahun ke 73 tahun mengadakan Pagelaran Seni Tradisional Wayang Kulit dengan Tema Lakon "Mbangun Candi Sapto Argo" yang di dalangi oleh Ki Dalang Kabul Idhamanto dari Desa Donorojo Kecamatan Sempor. Kegiatan ini diinisiasi oleh beliau Bapak H. Suprawoto yang menjadi salah satu dari Keluarga besar Wongsodirjan.

HSS bekerja sama dengan Pemerintah Desa Karangsari dalam penyelenggaraan kegiatan Pagelaran Wayang Kulit ini, dengan membentuk Panitia Hut HSS Ke 73. Kepala Desa Karangsari menyambut dengan baik akan adanya kegiatan tersebut yang tentunya sudah sekian tahun tidak pernah diadakan pagelaran Wayang Kulit di Desa Karangsari.

Dalam wawancara khusus kepada Bapak H. Suprawoto, kegiatan ini menjadi satu motivasi beliau agar anak-anak muda tidak lupa akan sejarah dan kebudayaan jawa khsusunya, dan membangkitkan kembali momen dimana dahulu desa Karangsari setiap tahun setelah masa panen selesai warga desa karangsari menggelar pertunjukan Wayang Kulit sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta Alam, Alloh SWT.  Karangsari menjadi Desa dengan nilai kultur seni yang sangat luar biasa sejak dahulu, kesenian sudah menjadi hal yang saat ini terus di giatkan oleh para pelaku seni dan didorong oleh Pemerintah Desa Karangsari.

Pagelaran Seni Tradisional Wayang Kulit ini diselenggarakan di Gor Bei Wangsa Desa Karangsari, tamu undangan yaitu seluruh warga Desa Karangsari dan juga mengundang Forkompincam Kecamatan Sruweng yang pada kesempatan tersebut turut hadir. Pagelaran Wayang Kulit ini dibiayai secara pribadi oleh beliau Bapak H. Suprawoto.

Bapak H. Suprawoto sebelumnya dalam mendedikasikan dirinya kepada Desa yang dia cintai beliau sudah memberikan kontribusi yang patut di apresiasi, setiap tahunnya beliau mengadakan kegiatan-kegiatan kesenian dan olahraga, ditahun 2023 beliau mengadakan pertenjukan kesenian Ebleg, dan juga mensuport kegiatan Olahraga Turnamen Bola Voli Ramadhan Cup.

Ditahun 2025 beliau akan mengadakan event olahraga Turnamen Bola Voli, hal ini juga mendorong pemerintah desa karangsari ikut dalam mensuport kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan mendatang. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter