Minggu, 22 September 2024

Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) oleh Dinas Kominfo Kab. Kebumen

Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) oleh Dinas Kominfo Kab. Kebumen

Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) oleh Dinas Kominfo Kab. Kebumen

Senin, 18 November 2019 di Hotel Candisari Karanganyar Kabupaten Kebumen, sedang dilaksanakan Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) oleh Dinas KOMINFO Kabupaten Kebumen.

Sistem Informasi Desa (SID) adalah seperangkat alat dan proses pemanfaatan data dan informasi untuk mendukung pengelolaan sumberdata di tingkat desa. Mulai Bulan Juli 2019, Kabupaten Kebumen melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, mengembangkan SID yang diberikan nama atau identitas Desa Online Kabupaten Kebumen. Beberapa modul yang akan dikembangkan antara lain, modul website, modul data kependudukan, modul data kemiskinan, modul kepegawaian, modul layanan surat menyurat, modul anggaran. Dalam perjalanannya hingga, mulai bulan Agustus 2019 telah dilakukan ujicoba pemanfaatan SID pada 10 desa percontohan, kemudian bertambah lagi menjadi 15 desa hingga November 2019. 
Bulan November 2019, versi yang telah dirilis V2.7.B15102019 dimana dalam versi ini telah diselesaikan untuk kebutuhan modul website yang didalamnya terdapat pengelolaan identitas desa, menu, artikel, galeri, link instansi terkait, media sosial, polling, widget, backup data, informasi update, serta pengelolaan user. Modul data kepegawaian yang merupaka fitur untuk pengelolaan data perangkat desa sedang berada pada tahap ujicoba ditingkat laboratorium, sedangkan untuk modul yang lainnya masih dalam proses pengembangan untuk menemukan fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam ini adalah Pemerintah Desa. 

 


Download Dokumen Terlampir :

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter