Minggu, 22 September 2024

Pelatihan Kesenian Ebleg Sebagai Salah Satu Pelestarian Seni dan Budaya

Pelatihan Kesenian Ebleg Sebagai Salah Satu Pelestarian Seni dan Budaya

Selamat siang sobat semua , bagaimana pelestarian budaya dan tradisi di desa teman - teman semua ?? :) , didesa kami pelestarian budaya dan tradisi yaitu dengan mengadakan pelatihan untuk anak - anak sekolah tingkat dasar , menengah , dan tingkat atas . Salah satu Kesenian yang sudah menjadi ikon didesa kami yaitu Seni Tari Ebleg ( khas kebumen ) , menjadi  salah satu budaya dan tradisi yang selalu dan terus kami lestarikan , agar regenerasi dan edukasi dari tingkat dasar terus ada dan menumbuhkan minat serta kepemilikan jati diri . Karena landasan utama dalam kehidupan adalah jangan sampai menghilangkan suatu kultur budaya dan tradisi ," Wong Jawa Aja Ilang Jawane", karena hal tersebutlah yang menjadi fondasi utama dalam melakoni kehidupan mendatang..

Yaa , didesa kami yang tercinta ini kami terus tetap berkomitmen bahwa budaya dan tradisi harus tetap berkelanjutan dan dijaga , dan salah satu contohnya seperti yang dilakukan adik - adik kita ini , berlatih dan terus berlatih , mencintai budayanya sendiri dan terus dikembangkan lewat bakat - bakat mereka sendiri. Dan dari Pemerintah Desa setiap tahunnya selalu mengadakan even baik ditingkat Desa maupun hingga tingkat Kecamatan bahkan Kabupaten. Prestasi yang sudah kami raihpun tidak tanggung - tanggung , lewat kesenian desa kami dihantarkan ke tingkat Nasional , dicabang Olahraga Tradisional (OLTRAD) yang disitu mencakup kolaborasi baik dari seni dan olahraga . Kami menjadi salah satu perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah yang berajang di tingkat Nasional di ternate , Maluku . Meskipun hanya mendapatkan peringkat 10 di tingkat  nasional , namun suatu kebanggaan bagi kami sungguh luar biasa , pencapaian yang sungguh luar biasa.

Tak hanya itu , lewat Bakat dari adik - adik kita , ditingkat sekolah dasar , yang berajang ditingkat kecamatan dan kabupaten sudah tak asing lagi bahwa prestasi selalu kami raih . Namun semakin terus meningkatnya minat dan rasa semangat adik - adik kita , pencapain jangan sampai dipuaskan disatu tingkatan saja ,, semoga dengan terus berkembangnya minat dan semangat adik - adik kita , seni , budaya , dan tradisi terus bisa lebih kita tingkatkan kembali.

salam dari kami !

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter