Minggu, 05 Mei 2024

ZIAROH MAKAM LELUHUR DESA KARANGSARI KECAMATAN SRUWENG (1 MUHARRAM)

ZIAROH MAKAM LELUHUR DESA KARANGSARI KECAMATAN SRUWENG (1 MUHARRAM)

Dalam rangka menyambut 1 Muharrom, Pemerintah Desa Karangsari, BPD, Lembaga Desa, RT/RW, Tokoh Masyarakat dan Agama melakukan ziaroh makam leluhur desa karangsari. Diantaranya adalah Makam Panjer, Makam Karta Wijaya (Lurah Ke 8), dan Paseban Sultan Van Kejawang (Pasarean). Hal tersebut dilakukan sebagai adat/budaya desa sebelum melaksanakan kegiatan merti bumi (Suran Desa). Tradisi Suran Desa yang masih hidup ditengah masyarakat jawa adalah tradisi menyambut datangnya bulan syuro.

Dalam rangkaian kegiatan Ziaroh makam leluhur, diantaranya adalah sudah menjadi Cagar Budaya Kabupaten Kebumen, Seperti Makam Panjer dan Paseban Sultan Van Kejawang, yang telah diresmikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen. Kegiatan Ziaroh makam leluhur Desa Karangsari dilakukan dengan cara memanjatkan doa bersama, untuk para leluhur desa karangsari.

Kegiatan ini masih rutin dilakukan setiap satu tahun sekali dalam menyambut bulan Syuro, dan setelahnya dilakukan kenduren / dzikir tahlil oleh masyarakat Desa Karangsari. Masyarakat membuat hidangan yang biasa disebut dengan Berkat (nasi, ayam,telur,serundeng,sayuran,dll) dikumpulkan menjadi satu, setelah acara selesai Berkat tersebut dibagikan kembali ke Masyarakat. Kegiatan ini juga salah satunya mempererat tali silaturahmi antar warga desa Karangsari.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3