Minggu, 05 Mei 2024

PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN SALURAN IRIGASI PERSAWAHAN (SAWAH KETUMPANG S.D SI MACAN)

PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN SALURAN IRIGASI PERSAWAHAN (SAWAH KETUMPANG S.D SI MACAN)

Karangsari (3 Sept 2021), kegiatan peletakan batu pertama pembangunan saluran irigasi persawahan desa Karangsari Kecamatan Sruweng oleh Ibu Kepala Desa, Sri Sukaryawat. Kegiatan pembangunan saluran irigasi persawahan difungsikan untuk mengairi persawahan yang ada disekitar area sawah ketumpang samapai dengan swah si macan. Dalam menjaga tetap terpenuhinya kebutuhan air diareal persawahan agar komoditas pertanian didesa karangsari mendapatkan hasil panenan yang maksimal didorong dengan pembangunan saluran irigasi persawahan.

Debit air yang masuk diareal persawahan, sawah ketumpang s.d sawah si macan belum dalam kategorui maksimal, karena dari segi sarana dan prasarana belum maksimal dalam pembangunannya. Di tahun 2021 melalui anggaran APBDesa sesuai Rencana Kerja Pemerintah Desa, dilakukan kegiatan pembangunan saluran irigasi persawahan, agar harapan tercapainya kebutuhan air ke areal pertanian.

Kegiatan ini bersumber dari sumber dana Dana Desa tahun anggaran 2021. Total volume pekerjaan sepanjang 520 meter, dengan estimasi 30 hari kerja. Kegiatan pekerjaan dilakukan secara swakelola oleh masyarakat desa karangsari. Sejalan dengan prioritas penggunaan dana desa sebagai wujud pemberdayaan masyarakat desa, agar olit terlibat dalam proses perencanaan dan proses pembangunan di desa.

Kegiatan pembangunan saluran irigasi persawahan ini dilakukan melalui penyediaan barang dan jasa yang dikerjakan oleh BUMDES Makmur Abadi Desa Karangsari, melalui penawaran barang dan jasa. BUMDEsa diharapkan mampu mengembangkan kegiatan perekonomian didesa, agar kegiatan roda perekonomian didesa dapat berkembang didesa.

Sebelum melakukan peletakan abtu pertama seluruh masyarakat yang dijadwalkan untuk melaksanakan kkegiatan pembangunan saluran iriagsi, semua masyarakat melakukan doa bersama dan makan bersama, sebagai wujud rasa syukur agar dilancarkan kegiatan dari awal hingga akhir proses pembangunan.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3