Minggu, 05 Mei 2024

PELATIHAN SENI KARAWITAN BAGI KARANG TARUNA

PELATIHAN SENI KARAWITAN BAGI KARANG TARUNA

Karangsari-, Pelestarian seni tradisional karawitan bagi para pemuda desa Karangsari dilakukakn kegiatan pelatihan seni Karawitan untuk Karang Taruna Tunas Mulya Desa Karangsari. Hal ini menjadi salah satu langkah dan wujud agar seni tradisional khususnya kesenian jawa tidak punah meski termakan oleh waktu di zaman modern saat ini yang semuanya serba digital.

Kegiatan Pelatihan Seni Karawitan bagi Karang Taruna Desa Karangsari ini juga menjadi salah bagian tugas Pemerintah Desa Karangsari agar generasi muda saat ini tidak lupa akan budaya tradisi yang sudah turun temurun diwariskan oleh para pendahulu. Tidak hanya itu kegiatan seperti pelatihan Seni Karawitan juga menjadi pelatihan bagi generasi muda memberikan satu potensi soft skill dibidang kesenian jawa.

Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi generasi muda, dengan meminimalisir kegiatan-kegiatan yang lebih mengarah ke negatif atau kurang produktif dimasa-masa muda mereka. Mengurangi intensitas penggunaan Gadget yang berlebih yang menjadi salah satu keluhan para orang tua, dengan kegiatan ini para orang tua mendukung penuh kegiatan yang baik ini.

Pelatihan Seni Karawitan Karang Taruna Tunas Mulya terbagi menjadi 2 (dua) kelompok/ Kelas, dengan jjadwal di setiap hari Juma'at dan Sabtu dimulai pukul 20.00 wib sampai dengan selesai bertempat di Sanggar Seni Tradisional Cipto Roso. Pelatih dalam kegiatan Pelatihan Seni Karawitan ini dilatih langsung oleh Pimpinan Sanggar Seni Tradisional Cipto Roso yaitu Bapak BE Susilohadi, yang sudah sering kita jumpai di dunia seni tradisional khususnya di wilayah Kabupaten Kebumen.

Mari kita sebagai generasi muda untuk tetap melestarikan budaya dan tradisi warisan leluhur, supaya jati diri kita sebagai orang Jawa tidak lepas karena terkikis zaman.

Mari Menjadi Pelopor Pembangunan Di Desa melalui Karang Taruna.

Link Cuplikan Video Saat Latihan : https://www.facebook.com/100024261665586/videos/1153266512712294/

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3